Saturday, June 9, 2012

Tips Membuat Password Lebih Aman

SALAH satu cara melindungi akun-akun Anda di dunia maya ialah membuat password. Kriteria password yang tidak dapat ditembus umumnya mengharuskan pengguna mengggabungkan alfabet dengan nomor. Yang paling mudah dibuat ialah password yang terdiri dari nama lengkap dan tanggal lahir.
Namun, jenis password seperti itu sangatlah mudah ditebak. Kalau anda ingin terhindar dari kemungkinan diserang para peretas, berikut ini ada panduan membuat password agar anda terlindung dari kejahatan dunia maya.
1. Buatlah terbalik Jika nama Anda adalah Agus Wibowo, buatlah menjadi wibowsuga. Sebagai catatan, membuat password tidaklah harus menggunakan nama Anda.
2. Ganti huruf menjadi angka Masih mengambil contoh Agus Wibowo, setelah Anda buat terbalik, gantilah beberapa huruf menjadi angka. Misal, w1b0w5u94.
3. Tambahkan huruf kapital Biasanya hanya huruf kecil, tapi cobalah letakkan satu huruf kapital di awal atau tengah password, menjadi w1b0W5u94.
4. Gunakan Simbol Menambahkan simbol dapat memperkuat pertahanan, gunakan daya kreasi demi mengamankan data-data penting di semua akun

No comments:

Post a Comment